Sunday, August 11, 2013

Inilah Tips Baru Merawat Baterai Laptop

Assalamualaikum...
Sesekali saya akan coba posting tips yang bermanfaat buat sobat blogringan, postingan tips kali ini, adalah metode perawatan batre laptop yang baik dan benar, karena disini akan saya tampilkan banyak sekali tolak belakang antara tips yang ini dengan tips yang sudah beredar sebelumnya,
langsung simak saja:

Tips Terbaru Merawat Batre Laptop:

1.  Saat pertama kali membeli Laptop, cas Baterai sekitar 8 - 10 jam,
karena sebelum di distribusikan, laptop berada di gudang pabrik dalam jangka waktu yang cukup lama, otomatis baterai tidak terpakai dalam jangka waktu lama, dan alangkah lebih baiknya untuk di cas terlebih dahulu..

2. Setiap menggunakan Laptop lebih baik dengan tetap men-charging baterai
Meskipun baterai sudah penuh, sebaiknya charger tetap tercolok ke laptop, Karena baterai keluaran terbaru sekarang ini sudah mempunyai CONTROL BATTERY yang artinya "jika pengisian baterai telah full, maka baterai akan otomatis menghentikan pengisian/stop charging sehingga baterai seketika itu akan menjadi dalam keadaan standby/ tidak digunakan"
jadi laptop otomatis langsung mendapatkan daya dari power listrik, dan juga tidak membuat baterai lebih cepat soak / kembung.

3. Jangan melakukan sistem CdC (Charge Discharge)
Pengertian CdC yakni "Apabila baterai penuh maka sobat akan mencabut adaptor, dan setelah baterai habis sobat akan memasang adaptor" .karena justru itu adalah cara yang tidak di anjurkan.

4. Jangan pernah lakukan KALIBRASI pada baterai
KALIBRASI yaitu mengkosongkan isi baterai sampai habis 0%, karena melakukan kalibaris justru akan banyak efek buruknya ke baterai (Cycle Count)

5.Jangan pernah menggunakan Laptop tanpa baterai
Apabila tiba-tiba listrik di daerah sobat mati ataupun memiliki tegangan yang tidak stabil, maka hal itu akan menyebabkan kemungkinan terjadinya korsleting atau hubungan arus pendek pada perangkat laptop.
Maka apabila terjadi korsleting, itu akan merusak komponen laptop seperti LCD, Motherboard, Hardisk, dan mengakibatkan kerusakan pada hardware laptop lainnya. karena baterai sudah di desain sedemikian rupa untuk mampu mengontrol arus listrik yang masuk sebelum di salurkan ke perangkat laptop sobat.

6. Tancapkan charger selama 5 menit sebelum pemakaian dan cabut charger setelah 5 menit Laptop dimatikan.

7.  Gunakanlah charger jika ingin menggunakan laptop untuk bermain game, memutar DVD/CD, menjalankkan Software-software yang menggunakan grafis tinggi .

8. Pastikan suhu kamar (ruangan) tidak terlalu panas
karena suhu yang tinggi akan memberi efek buruk pada baterai, seperti menurunnya performa baterai (cycle count berkurang) dan perlu di ingat, bahwa suhu adalah musuh bebuyutan baterai.

ALASAN DARI TIPS DIATAS, WAJIB BACA!!


1. Kenapa harus di cas 8 jam dulu?
  • Mengapa perlu di Cas 8 jam dulu ketika baru membeli laptop?
    Laptop baru yang masih dalam proses penjualanan, otomatis kan kondisi dari laptop nya sudah lama tidak dinyalakan, maka fungsi charging awal minimal 8 jam itu fungsinya untuk mencapai tegangan floating battery

2. Sekilas pertanyaan tentang Control Battery.
  • Apakah setiap laptop mempunyai Control Battery?
    Laptop keluaran tahun 1996 ke atas sudah memiliki fitur Control Battery, bahkan di pastikan mulai dari laptop harga murah hingga termahal sudah mempunyai fitur Control Battery,
  • Gimana cara mengetahui kalo laptop saya sudah mempunyai fitur tersebut?
    Sobat bisa mengeceknya di Computer > Manage > Device Manager > Batteries. Di situ akan muncul ACPI. ACPI inilah yang merupakan triger controlling battery via Windows.

  • Ada contoh nyata nggak, kalo control battery ini benar-benar berfungsi?
    Yang mengontroll battery itu controlling battery. windows hanya berperan sebagai triger pembacaan melalui ACPI. Memang sebagian brand laptop terkenal sudah bisa mengcontroll battery dan membaca aktifitas & log battery misal IBM.
    Namun controlling battery ini walaupun tanpa windows atau pun saat laptop dalam kondisi mati, baterai akan tetap terkontrol olehnya. Coba saja, test charge battery dalam kondisi laptop shutdown/mati, dan lihat lampu baterainya, apakah tanpa menyalakan windows baterai bisa penuh atau enggak.
3. Pertanyaan tentang CdC.
  • Kenapa enggak boleh CdC sih?
    Sering mendengar saran ini?  "Jika battery sudah penuh, harus dicabut adaptornya".
    Tahu nggak kalau itu justru saran yang salah, karena setiap batera memiliki cycle count, semakin sering charging (pengisian) lalu discharging (pengosongan) akan mengurangi cycle count itu. jika cycle count nya sudah melebihi batas yang ditentukan, maka akan memberi efek buruk pada baterai, salah satunya yaitu battery drop.
4. Seputar Kalibrasi baterai
  • Kenapa nggak boleh di kalibrasi? kan katanya itu bagus buat baterai.
    Kali brasi itu banyak efeknya, diantaranya..
    1. Cycle count berkurang 1 cycle.
    2. disaat discharge (pengosongan) tegangan battery akan menurun, dengan rumus V=I.R kita tahu jika tegangan turun, otomatis I (current) yang akan naik. Jika laptop masih baru sih bolehlah di kalibrasi karena komponen-komponennya nya masih bagus-bagus.
  • Bagaimana dengan laptop tua yang komponen nya sudah lemah??? 
    ini malah menjadi musibah buat sobat. Disaat charging (pengisian) akan membutuhkan power yang sangat besar. Apabila dilakukan pada laptop tua, ini akan berakibat rusaknya DC/DC Converter di Motherboard dan Controlling Battery pada baterai.
  • Ketiga hal tersebut adalah efek dari recondition / kalibrasi battery.
  • Trus manfaat sebenernya dari kalibrasi itu apa? katanya kan bagus buat baterai?
    Manfaat kalibrasi battery:
    1. Pembacaan Battery akan sedikit nyata (bukan sempurna betul ya)
5. Laptop tanpa baterai tidak baik.
  • Kenapa bisa begitu? apa alasannya?
    Mending battery dipasang aja ke laptop, lalu adaptor nya juga wajib dipasang (adaptornya usahakan merek asli dari laptop), dan cabut adaptor nya kalau sudah mati laptop nya dan usahakan baterai tidak terkena udara panas.
  • Sekali lagi, model baterai laptop sekarang ini sudah mempunyai Control Battery, yang akan otomatis berhenti mengisi apabila baterai penuh, dan daya akan di alirkan menggunakan charger, bukan baterai yang penuh itu. Dari industrinya sendiri bukankah menyarankan untuk tidak melepas baterai? lagian itu notebook apa Personal Computer? gaya-gayaan enggak pake baterai segala, nah lho.. 

6. Kenapa 5 menit sesudah & sebelum?
  • Apa sih fungsi 5 menit colok charger sebelum di gunakan?
    Mungkin maksudnya memberi kesempatan bagi adaptor untuk menghasilkan daya yang stabil.
  • Lalu kenapa harus nunggu 5 menit laptop mati baru boleh di lepas charger nya?
    Sebenernya tidak ada apa-apa, tapi lebih baik dibiasakan begitu karena fungsi cara tersebut adalah 5 menit sesudah shutdown, ini untuk colling down saja, sekaligus untuk tegangan floating ke battery.

KESIMPULAN:
  • Gunakan laptop seperti cara kerja PC, jika tidak ada listrik matikan saja
  • •Suatu Saat Kerja Baterai pasti akan menurun, sobat lebih memilih baterai yang rusak atau hardware laptop yang rusak?
  • Sumber: Disini Edited by: BlogRingan.blogspot.com
Sekian Tips Baru Merawat Baterai Laptop ini, semoga menjadi manfaat dan panduan bagi sobat yang sudah punya laptop maupun yang mau beli laptop baru.
Sayangi apa yang ada di sekeliling kita, jangan sampe menyesal kemudian hari, hehe
Wassalamualaikum.

11 comments

Tpi laptop saya klo tidak pakai baterai kinerjanya lebih bagus,sedangkan memakai baterai justru sebaliknya.

Tetapi resiko buruk yang akan terjadi pada hardware lebih besar kak,
soal performance, masih bisa di akali, dengan aplikasi tweak seperti avg pc tuneup, dengan menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak di gunakan,
Semoga lebih di pertimbangkan lagi,

tapi itu sudah pastikan,bahwa laptop nya mempunya fitur tersebut

To acquire a better exposure for your facebook account, Folks spend cash to Buy Facebook Followers to conveniently obtain publicity on world-wide-web. purchase facebook followers

Absolutely nothing is cost-free these days, but assure that you Buy facebook reviews merely from the valid sources for successful reputation on the web. buy facebook fanpage reviews

You could market your business by including as many facebook likes as you can, as people always seek brands and items that have great deal of likes on facebook. buy usa facebook fans

Berkomentar lah dengan sopan, tidak menyinggung unsur SARA, Silahkan jika mau mencantumkan Link dan mohon untuk tidak mencantumkan Link yang mengarah ke website dengan konten dewasa.
Terima kasih sudah berkomentar.
EmoticonEmoticon