Friday, April 26, 2013

Cara Mengembalikan OpenDefault Program exe dan shortcut yang rusak

Assalamualaikum, Tips kali ini seputar Cara mengembalikan Open Default Program aplikasi/ file berextensi exe dan shortcut yang rusak.
Pernahkah sobat melakukan Klik kanan file > Open With ?

Lalu apakah sobat pernah pas lagi milih open Choose Default Program nya lupa "Always Use The Selected Program To Open This Kind Of  File" seperti gambar di bawah ini?
  
Pengalaman seperti ini sudah saya alami, ketika dulu sekali belum mengenal jauh tentang komputer (sekarang sama saja belum jauh mengenal komputer :D )
Dulu saya penasaran, seperti apa sih bentuk script dari file *.exe, (maaf admin blogringan terlalu bodoh untuk hal ini), dan akhirnya saya membuka nya dengan notepad, dan lupa menghilangkan tanda check seperti pada gambar di atas, dan alhasil, SEMUA PROGRAM EXE di komputer saya Open Defaultnya adalah Notepad,
bagaimana lagi saya mengembalikan keadaan seperti semula? padahal Open Default file exe itu apa dan saya tahu, sebab open default file *.exe tidak tercantum dalam gambar di atas, sampe2 waktu restart laptop startup nya menjadi sangat lama, karena pada startup windows pastinya akan ada file berextensi *.exe yang di Load, dan parahnya, itu adalah file system yang seharusnya engga di otak-atik.
saya sempat bingung karena yang tampil adalah font unicode aneh dalam notepad, pasalnya baru beberapa bulan pegang laptop, saya berencana install ulang, tap takut juga ga bisa masuk bios buat ngatur boot.nya,
akhirnya browsing di internet, tapi kasus selanjutnya pada waktu itu masih sangat sedikit menemukan solusinya dalam tulisan berbahasa indonesia, dan akhirnya pahami sejadinya tutorial berbahasa inggris, alhamdulilah saya telah berhasil mengembalikan keadaan ke seperti semula,

Berikut adalah cara terbaru yang saya dapat dari internet:
1. Download default_exe.reg dan default_lnk.reg disini
2. Extract file download nya, lalu Klik dua kali file registry tersebut.
3. Maka akan muncul peringatan, pilih “yes”
4. Restart komputer sobat

Sebenarnya cara yang saya gunakan sudah saya tulis sejak lama, sobat bisa BACA DISINI untuk cara yang saya gunakan dulu.
tapi setelah melihat cara di atas, memang sepertinya benar,
karena kita mengembalikan Open Default file extensi exe ke default pembukanya,
dan untuk file "Default_LNK_(Shortcut).reg" tersebut fungsinya adalah apabila kita mempunyai masalah pada shortcut yang berubah fungsinya, seperti tidak bisa membuka file aslinya, padahal aplikasi asli dari shortcut tersebut masih terinstall di komputer,
nah, itu

Namun apabila cara diatas masih belum bisa, sobat bisa lakukan cara ini:

•Buat lah User Account baru, dan hapuslah User Account yang lama. 
•Masuk di registry, caranya tekan menu start windows, cari menu Run, tuliskan "Regedit" Lihat Gambar Berikut:

•Masuk ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Curre ntVersion\Explorer\FileExts\.lnk Bersihkan (hapus) semua key tapi selain key [OpenWithProgids]. Cara ini di lakukan jika sobat bisa masuk ke menu Regedit.

•Atau dari dalam key-registry di atas, sobat buat key baru dengan nama [OpenWithList]. 
Selamat mencoba sobat, jika ada yang kurang paham mengenai penjelasan saya ini, sobat bisa tanyakan di komentar atau melalui contact fesbuk saya DISINI,

Wassalam..

112 comments

Thanks gan yg cara ke 2 di menu star windows langsung cari aja Regedit lalu Masuk ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Curre ntVersion\Explorer\FileExts\.lnk Bersihkan (hapus) semua key tapi selain key [OpenWithProgids]. Cara ini di lakukan jika sobat bisa masuk ke menu Regedit

TERUS DI RESTART DIJAMIN 100% BISA

terima kasih gan, sudah menambahkan :)

alhamdulillah akhirnya ketemu abang yg ini jadi leptop temen ane bisa dibetulin deh karna ulah ane , haha.... MAKASIH banyak Broh

oia di rar nya kok ada 2 ya ?
yg 1.Default_EXE.reg dan yang 1nya lagi 2.Default_LNK_(Shortcut).reg
kalo di cara mah yg dipake yg 1 , mohon pencerahannya broh ....

pilih salah satu mas... untuk yang Default_EXE.reg untuk mengembalikan open with nya file exe, sedangkan untuk Default_LNK_(Shortcut).reg untuk mengembalikan shortcut yang bermasalah..
:)

alhamdulilah, sudah saya follback juga, makasih ya...
:)

backsound blog nya dari dulu sudah tak cari, sejak 3th yang lalu, akhirnya ada di blog pixma, ngomong2 judulnya apa ya? japanese.

klo ga bs masuk k menu regedit gmn ??

sudah coba menggunakan cara pertama di atas? yang pake default_exe.reg dan default_lnk.reg
kalo pake cara itu nggak perlu masuk ke registri edit, cukup double click file default_exe.reg dan default_lnk.reg saja... :)

alla hamdulilah saya sudah mencoba dengan cara pertama tetapi ngga bisa?

untuk cara yang keduanya sudah di coba??

tapi menu regeditnya open defaultnya mozila gimana dong..?
yang pake cara download, downloadnya yang mana?

bagaimana cara hapus dan buat user account baru?

NMA Q YUWANDY SALAM KENAL,,SAYA TAMBAHIN DIKIT...HARI NEH SAYA BARU DAPAT KEJADIAN INI......TP SEKARANG SUDAH NORMAL KEMBALI..CARANYA PILIH OPEN WITH DEFAULT YANG TIDAK TERLALU PENTING DULU...DAN PERGI KE START KETIKAN UNIN DAN AKAN ADA UNINSTAL A PROGRAM DAN CARI YANG TD KALIAN PILIH DEFAULT DAN UNINSTAL PROGRAM TERSEBUT DAN LIHAT ICON KALIAN SUDAH NORMAL KEMBALI..........DAN BARU KALIAN INSTAL LAGI PROGRAM YANG TD KALIAN UNIN..THANK Q..MUDAH-MUDAHAN MEMBANTU.

Gan pingin nny klo buat account bru kan msh fresh , account lama dihapus kr2 disk C nya guna ga ? Sprti local dan roaming soalnya isinya bnyk bnr jdi smpe skrng msh blum apus klo bsa sya critain lbh detail di FB gan

thanks. berhasil

gimana cara donwload defaltnya




gan. kalau udah bener semua. di cara yg pertama tadi apa file yg di download bisa dihapus? atau di pindah ke lokasi default intuk registry itu dimana biar rapi/ thx

maksudnya agan mau bikin partisi baru?
tinggal bagi aja gan, partisi lain selain C.
fesbuk saya di http://www.facebook.com/jangankaget

download aja itu gan,
kan mudah cara download nya.. :)

ngapain di hapus gan?
biarin aja juga ga masalah kok,
wong itu sperti file2 biasa, lagian ukurannya cuma bberapa Kb :)
kalo mau di hapus ya silahkan.. :)

mau tanya klo untuk file yg tdk tau asal programnya apa gimana?? tp udah terlanjur salah open with (pake adobe) akhirnya semua file itu bericon adobe?? apakah caranya sama??

Gan gimna nih kan sya buka jpg file .. trus sya mau buka pake cmd tapi lupa saya hilangkan ceklis always use the selected.. apalah itu :D nah waktu itu file jpg berubah mnjadi cmd / command prompt dan sya open yang keluar itu cmd.. tapi klo di open with windows photo viewer bisa.. tapi tanda ceklis always usenya gk bisa di cek.. tolong pencerahannya

tinggal di open with aja dengan program yang seharusnya digunakan untuk membuka file tsb..
:)
ingat, tanpa menghilangkan tanda centang.. :)
agar defaultnya kembali ke semula :)

download picasa saja gan, atau klik kanan file jpg, terus open with dengan "Windows Photo Viewer" tanpa menghilangkan checklist nya, biar open defaultnya ke aplikasi penampil foto bawaan yang ada pada windows.. :)

Kasus ini saya mengalaminya. Jawaban diatas kalu regeditnya bisa dijalankan. Kalu regeditnya tidakbisa dijalankan bagaimana solusinya (regedit.exe nya juga terkena/ exenya mengarah pada program lain)

saya sudah menemukan regedit dan sudah menemukan HKEY_CURRENT_USER, tapi kok tidak ada pilihan \Software\Microsoft\Windows\Curre ntVersion\Explorer\FileExts\.lnk ?

Saya udah coba masuk registry, tapi karena terburu-buru saya malah menghapus key OpenWithProgids, gimana ini mas? Klo bikin key baru caranya gimana? Makasih.

Thanks bang,. Ini berhasil

sebenernya separah-parahnya yang terjadi ada caranya, mungkin lewat safe mode, tapi saya belum nyoba, sebab kemampuan saya yang terbatas, hehe,
kalo mentok ya, terpaksa deh di install ulang aja mas, hehe

gak masalah mas,
bikin key "OpenWithProgids"
klik di namanya, kemudian klik kanan di halaman yang kosong,
ini gambarnya: http://4.bp.blogspot.com/-z6TMIz1yXtY/U4yY8sVky0I/AAAAAAAAAnc/A22eEO_teos/s1600/2014-06-02_222603.png

pertama buat yang string value, namanya >> (Default)
value data, biarkan kosong

kedua buat yang binary value, namanya >> lnkfile
value data, biarkan 0 0 0 0

ntar jadinya seperti ini mas,
http://3.bp.blogspot.com/-1iFCHlgMZTk/U4yY6GIpymI/AAAAAAAAAnU/aP_y-hOXcR4/s1600/2014-06-02_222926.png

kalo kurang jelas, bisa tanya ke fesbuk saya http://www.facebook.com/jangankaget
:)

sama-sama, :D
selamat ya, saya ikut senang, :D

ada kok mas,
coba di baca lebih teliti, :)
ada
HKEY_CLASSES_ROOT
HKEY_CURRENT_USER
HKEY_CURRENT_MACHINE
HKEY_USERS
HKEY_CURRENT_CONFIG
itu mirip-mirip semua,

dan yang terakhir itu .LNK, bukan .ink
semoga lekas ketemu, :)
kalo kurang jelas, bisa di tanyakan lagi, :)

harus di restart ya gan komputernya, kalo udah melakukan cara di atas

iya gan, itu bagian dari ritual juga, :D

gan,pengaturan exe sudah kembali normal,tapi lambang shortcut saya masih tetap VLC meskipun sudah ekstrak filenya

coba program VLC nya di hapus dulu dengan Revo Uninstaller, jangan lupa bersihkan registry sama sampah-sampah lain menggunakan CClener, lalu restart. :)

alhamdulillah, udah kembali seperti semula.
thanks sob :)
semoga Allah membalas kebaikanmu Aminn :)

Thanks Gan.. Berhasil... Sangat Membantu

saya sudah menemukan saya sudah menemukan
regedit dan sudah menemukan HKEY_CURRENT_USER, tapi kok tidak ada pilihan \Software\Microsoft\Windows\Curre ntVersion\Explorer\FileExts\.lnk ?

langkah selanjutnya gimana

Alhamdulilah, saya ikut senang bisa membantu, :)
Aamiin.. :)

Iya sama-sama, :) Bagus deh kalo gitu, :)

setelah di klik di .lnk, hapus saja apapun yang ada, dan sisakan yang ini >> [OpenWithProgids]
semoga berhasil, :)

Gan ane mau nanya, kalau misalnya file .reg (registry) dan file .bat (batch file) di klik 2x malah kebuka notepad cara mengembalikannya seperti semula gimana ya gan, ane bingung soalnya 2file itu open with nya malah ke notepad

thank u gan... so helpfull

Terimaksih banyak Gan ...
membantu banget Artikel ni ... :D

Mohon kunjugan nya .. :D

http://alldayat.blogspot.com

Terimakasih atas postinganya..
Alhamdulillah semua kembali seperti semula :-)

Aaah, tadinya sempet takut grgr semua yang di desktop berubah jadi icon adobe reader semua. Sampe yang di taskbar jugaa. Tapi balik lagi alhamdulillah.. Makasih artikelnya(y)

gmna downloadnya gan ?? gk bsa2 nih,,
slain mndownload aplikasi itu/ pkai regedit ada cara lain gak ?
please bantuannya gan,, penting bgt nih,,

gan thx ini yang ane cari akhir nya ketemu
haa...udah dua hari ane cari ini baaru ketemu
wkwkwk:)

gan makasih yang ke 2x y gan tanpa agan ane bisa pening tujuh kelliling (y)

laptop saya eror masalah liat foto..gk kliatan gambar,,jdi susah klo mw upload,,,hrus liat namax dlu...tlg gan

Terimakasih banyak, artikelnya sangat membantu :)

gan mau tanya web buat download software nya apa gan tolong balas ya

Ya Allah maass makasih bangett maass.. Berguna bangett :'D

tapi saya koch gan .... run nya juga berbentuk shortcut ..... jadi gimana ini cara membukanya ...terimakasih

Makasih banget sob., pc ane udah beres

Terimakasih banyak sobat ini sangat membatu

Gimana klo pilihan "user choise" nya nggk ada di laptop...mbak???

"User choice" yang mana maksudnya, kak? Mohon di perjelas lagi, :)

Apa masalahnya sudah beres kak? maaf telat balas komentarnya. :(

Download software apa kak? Maaf telat balas komentarnya, :(

Terimakasih gan... berhasil di cara yg kedua tanpa install ulang.. infonya sangat membantu dan berguna.. sukses terus gan..

Selamat ya kak, lain kali lebih hati-hati lagi ngotak-atik komputernya,
Terimakasih sudah berkunjung. :)

kenapa ya saya udh nyoba kedua cara tersebut format filenya masih .txt? waktu restart juga di regeditnya key selain [OpenWithProgids] muncul lg? pencerahannya dong newbie:D

maaf gan untuk cara yang pertama ntar filenya bakal ilang apa g, coz filenya aku taruh di lokal disc..

terima kasih sebanyak-banyaknya gan, cara yang kedua berhasil. infonya berguna bangeet..Tuhan memberkatimu

terimakasih gan, berhasil dengan cara yg pertama :)

gan winrarnya rusak juga jadi ga bisa instal ama uninstal jd gimana ngekstraknya?

Terimakasih pengetahuannya kak td ga sengaja laptop saya berubah semua. Sempet panik karna ga ngerti banyak ttg komputer tapi coba2 sndiri dgn panduan blog ini akhirnya bisa, sukron kak. Wassalam

ko saya udah nyoba dua cara tsb gk jadi2 jg mass...knp ya

masalahnya apa mas? icon berubah?

keynya yg ada dikotak kanan ya ?

mau nanya mas, itu menghapus data juga bukan?

Puji Tuhan bgt.. ini PC kantor abang ane ud sembuh gara2 tutorialnya suhu.. kringet dingin ini barusan takut kena semprot.. -_-
makasih banyak.. :D

gak bisa, soalnya baru mau cari runnya langsung ilang

gak bisa, bahkan format run juga word, semua jadi gambar word, kalo salah satu diubah yah semuanya keubah lg

gak bisa, bahkan format run juga word, semua jadi gambar word, kalo salah satu diubah yah semuanya keubah lg

bro mau tanya, nih di laptopku "open with"nya untuk pilihan default kok tidak bisa dicentang ya.... gimana solusinya

Ok Thank Gan, komputer saya sudah pulih lagi.

gan saya udah coba cara 1 waktu ngestrak filenya larinya ke google chrom gan, cara ke dua juga sama, harus gimana lagi gan?

Thanks you so much for your information!
Awalnya sempet panik gara" icon'a berubah menjadi winrar semua
Tapi sekarang udh kembali seperti semula lagi..

kenapa ya aplikasi google chrome dan mozilla firefox punya saya dilaptop gabisa dibuka terus ada tulisan problem shortcurt itu gimana cara mengatasinya

siang gan
saya mempunyai Dile extensi MSI padahal exe.
ketika saya double klik File MSI kok yg kebuka notepad.
saya sdh mengikuti petunjuknya..untuk mengembalikan open with default.
seperti ini http://prntscr.com/ak5dk2.
tidak ada Key lain selain HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.lnk\OpenWithProgids

berarti tidak ada yg bs dibersihkan lagi.
mohon solusinya ya.......
tq

kalo isinya openwithlist sama opentwithprogrids gmna sob

This comment has been removed by the author.

Gan saya udah coba cara dua"nya ko masih gabisa ya?

kenapa muncul di laptop program semua jasdi kan video atau file semua jadi video. kalo itu masalah apa dan cara bagaimana kita kembali semula

Cara Memperbaiki Shorcut Error pada Windows
>Lihat Disini<

Terimakasih banyak. Berkat artikel ini alhamdulillah saya bisa mengatasi hal tersebut...

didalam nya adanya cuma 2 open with list sama open with prodigs doang la yang di hapus itu yg mana

iya mas gimana??yang open with list dihapus??

Kalo tidak bisa regedit ya gimana mas

Open with progids ada dimana ya, ko saya ganemu.. Pas dibuka HKEY CURRENT USER NYA

cari lah dengan teliti... kan ada lanjutannya

punten mau nanya,kalo aplikasi google chrome atau internet explorer nya gabisa jalan gimana ya?

bro kan ane instal python27 nah pasa ane kasih sqlmap lah konfignya ane buka sama notepad trus cara ngembalikannya gimana bro butuh solusi

Kak run jufa jadi shorcut . Gimana kak solusinya please

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

Gan bantu saya, waktu saya menghapus saya malah keliru hapus yang OpenWithProgid gimana gan solusinya ???

Cara Mengembalikan Opendefault Program Exe Dan Shortcut Yang Rusak - Share Everything >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Cara Mengembalikan Opendefault Program Exe Dan Shortcut Yang Rusak - Share Everything >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Cara Mengembalikan Opendefault Program Exe Dan Shortcut Yang Rusak - Share Everything >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Maff kak saya udah coba tapi gabisa

Berkomentar lah dengan sopan, tidak menyinggung unsur SARA, Silahkan jika mau mencantumkan Link dan mohon untuk tidak mencantumkan Link yang mengarah ke website dengan konten dewasa.
Terima kasih sudah berkomentar.
EmoticonEmoticon