Wednesday, March 20, 2013

Tips Mengamankan File txt dengan Aplikasi Enkripsi

tak hanya file-file executable yang rentan akan virus dan nonvirus, tetapi data txt juga perlu di perhatikan keamanan nya agar rentan dengan serangan non virus seperti manusia usil yang berniat jahat, untuk itu perlu ada tambahan keamanan supaya data txt tetap aman. Bagaimana cara mengamankan data txt, kita akan ulas lebih jauh di sini dengan aplikasi bernama CTI Text Encryption.
Aplikasi CTI Text Encryption adalah sebuah program portable yang dapat melakukan enkripsi data txt sehingga tidak akan terbaca oleh manusia atau oleh virus sekalipun. Aplikasi ini juga dapat mengembalikan hasil enkripsi sehingga dapat kembali terbaca seperti sediakala.

  • aplikasi ini bersifat portable, sobat tidak perlu melakukan instalasi terlebih dahulu. Agar lebih mudah, saya akan langsung lakukan tes and run, buatlah sebuah file dengan notepad dan beri nama testrun simpan di local D atau folder lainnya. Isi file dengan teks sembarang namun tetap berupa susunan kalimat yang baik.
Contoh penggunaan proteksi data
  • Jalankan aplikasi CTI Text Encryption kemudian isi password 1, untuk password 2, 3 dan 4 tidak perlu diisi.
Memberikan password pada data dari file text
  • Klik tombol ikon folder, lihat penomoran di gambar ini untuk intruksi yang lebih jelas. Setelah Anda klik tombol open, maka akan terbuka sebuah jendela Windows Explorer, arahkan ke file txt yang baru saja Anda buat pada langkah pertama tadi lalu klik tombol Open.
Ingin data teks anda terproteksi dengan baik? Di sini tempatnya
  • Sekarang file testrun sudah berada di dalam sistem aplikasi yang ditandai dengan munculnya teks yang terdapat di dalam file tersebut.
Proteksi data dan file TXT dengan mudah dan aman
  • Untuk memulai proses enkripsi, klik menu Encryption dan teks yang berada di dalam kotak aplikasi akan serta merta berubah menjadi susunan kode acak yang menandakan proses enkripsi telah berhasil dilakukan. Sekarang terlihat bukan perbedaan antara teks asli dan hasil enkripsi? Sepintar apapun pembobol komputer Anda tidak akan dapat membaca susunan kalimat yang sebenarnya.
Hasil proteksi data pada file teks
  • Selanjutnya Anda perlu untuk menyimpan teks hasil enkripsi ke dalam folder komputer Anda, klik tombol ikon bergambar disket atau ditandakan dengan nomor satu (1) di gambar di bawah ini, kemudian beri nama file Anda atau Anda dapat menggunakan nama yang sama dengan file testrun, kemudian klik tombol Save dan tombol yes pada jendela konfirmasi untuk me-replace file testun. Anda dapat memberi nama yang berbeda jika tidak ingin me-replace file sebelumnya.
Implementasi proteksi data menggunakan aplikasi Encryption
  • Kemudian cobalah untuk membuka file yang baru saja Anda simpan, maka susunan kalimatnya tidak akan terbaca seperti di dalam gambar ini.
Hasil dari enkripsi file teks

Proses Deskripsi

  • Agar dapat membaca susunan kode tersebut, Anda perlu melakukan proses dekripsi, prosesnya hampir sama dengan proses enkripsi, klik ikon folder Open dan pilih file hasil enkripsi dan klik tombol Open.
Mengembalikan data yang sebelumnya diproteksi
  • Kemudian klik menu Decrypt.
Data yang diproteksi dan sesudahnya akan di baca kembali
  • Teks telah kembali ke susunan kalimat yang benar. Simpan sekali lagi apabila Anda ingin mempunyai backup, tetapi apabila Anda hanya ingin melihat informasi di dalamnya, maka saya rekomendasikan Anda untuk tidak menyimpan kembali ke dalam komputer,  tutup kembali aplikasi apabila dirasa cukup mengetahui informasi di dalam file, hal ini dilakukan agar mencegah Anda lupa mengenkripsi file.
Encryption file TXT menggunakan aplikasi
Agar pengguna lain tidak memanfaatkan aplikasi untuk melakukan dekripsi, maka sebaiknya simpan aplikasi di dalam flash disk sehingga hanya Anda yang mengetahui dan dapat menjalankan aplikasi jika suatu waktu membutuhkan informasi di dalam file hasil enkripsi. Aplikasi CTI Text Encryption  juga dapat berjalan dengan baik di komputer lain meskipun proses keduanya dilakukan secara terpisah, misalnya proses enkripsi data dan file text di komputer A dan proses dekripsi di komputer B.


KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD [CTI Text Encryption]

Password: BlogRingan.blogspot.com

Berkomentar lah dengan sopan, tidak menyinggung unsur SARA, Silahkan jika mau mencantumkan Link dan mohon untuk tidak mencantumkan Link yang mengarah ke website dengan konten dewasa.
Terima kasih sudah berkomentar.
EmoticonEmoticon