Thursday, June 28, 2012

Menggunakan Pasta Gigi Ketika Berpuasa

Menggunakan Pasta Gigi Ketika Berpuasa

Assalamua'alaikum wr.wb
sobat bulan puasa ramadhan sebentar lagi akan datang,
untuk kaum muslim tentunya itu sudah menjadi ketentuan yang harus kita jalani, kecuali mereka yang memang tidak di perbolehkan melakukan ibadah puasa bulan ramadhan karena suatu halangan tertentu yang mengharuskan seseorang untuk tidak berpuasa,
sedangkan sobat sendiri apa sudah tahu,
ketentuan apa saja yang wajib kita lakukan, yang dilarang, maupun yang makruh untuk kita lakukan?
kali ini saya akan membahas salah satu bentuk aktivitas di bulan puasa yang sering menjadi pertanyaan buat kita,
yakni, menggunakan pasta gigi ketika berpuasa, hm seperti apa sih hukumnya?
kadang kita sering kebingungan dengan hal tersebut, ketika kita berpuasa, dan dalam beraktivitas kita sendiri tidak memelihara kebersihan kita, tentu kita akan merasa risih dengan orang yang ada di dekat,
lantas, bagaimana ketentuan tersebut?
mari kita simak,
***Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah Ta’ala ditanya : Apa hukum menggunakan pasta gigi bagi orang yang berpuasa di siang hari Ramadhan?
Syaikh rahimahullah menjawab :
Menggunakan pasta gigi ketika puasa tidaklah masalah jika tidak masuk ke dalam perut. Akan tetapi lebih baik pasta gigi tidak digunakan ketika puasa karena pasta gigi memiliki pengaruh sangat kuat hingga bisa mempengaruhi bagian dalam tubuh dan kadang seseorang tidak merasakkannya. Oleh karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bersungguh-sungguhlah dalam beristinsyaq (memasukkan air dalam hidung) kecuali jika engkau berpuasa”. Maka lebih utama adalah orang yang berpuasa tidak menyikat gigi (dengan pasta). Waktu untuk menyikat gigi sebenarnya masih lapang. Jika seseorang mengakhirkan untuk menyikat gigi hingga waktu berbuka, maka dia berarti telah menjaga diri dari perkara yang dapat merusak puasanya.
(Majmu’ Fatawa wa Rosail Ibnu ‘Utsaimin, 17/261-262)
Penerjemah: Muhammad Abduh Tuasikal
 nah sudah tahu bukan, sekarang tergantung niat dari hati kita, jika sobat lebih memilih untuk menggunakan pasta gigi, itu syah-syah saja, asalkan jangan sampai air atau pasta gigi kita masuk ke tenggorokan, yang terkadang kita tidak mengetahuinya, atau soba lebih memilih untuk melakukan seperti yang di tuliskan artikel di atas, malah itu lebih baik lagi.
semoga dengan adanya artikel ini, kita bisa belajar dari apa yang telah di lakukan oleh orang-orang terdahulu kita,
selamat menyambut Datangnya bulan Puasa Ramadhan 1433 Hijriyah,,

***Isi dari artikel ini di kutip dari:

Berkomentar lah dengan sopan, tidak menyinggung unsur SARA, Silahkan jika mau mencantumkan Link dan mohon untuk tidak mencantumkan Link yang mengarah ke website dengan konten dewasa.
Terima kasih sudah berkomentar.
EmoticonEmoticon